Senin, 07 Oktober 2013



Nama : Nurmala Purnama Dewi
Semester : 5. C (Nonreg) 

1.      Struktur masalahnya dalam naskah Drama Jam Dinding yang tak berdetak
Masalah awal mereka hidup disebuah rumah yang berletak di komplek orang-orang miskin dan orang-orang pensiunan , kegiatan rutin yang dilakukan mamah setiap pagi harus rutin membangunkan keluarganya seperti papa serta kedua anaknya.
Kemudian muncullah permasalah permasalahan yang ada di dalam diri mamah :
·         Mama yang harus menanggung masalah bahwa penghasilan suaminya kecil, dan mama harus mengkondisikan keuangan keluarganya supaya cukup untuk membeli makanan sehari-hari.
·         Mama yang tidak setuju jika beny anaknya menjadi seorang pelukis , karena mama menganggap melukis tidak akan menghasilkan apa-apa.
·         Papa yang mencintai dan menyanyangi mama, namun mama besar egonya untuk merelakan papa jalan dan mencari nafkah dengan wanita lain. 

Inti dari permasalah atau kongklusinya adalah  saat beny dan magdha akan merayakan hari jadi pernikahannya mereka namun mama bersifat dingin dan tak ingin memuaskan papa, yang membuat papa kecewa, pada hal papa masih sangat menyanyangi mama, kemudia mama rela memotong rambutnya hanya untuk mendapatkan uang , dan masak spesial untuk hari jadi mereka.

Kemudian papa kecewa dengan sifat mamah yang tidak ingin memberikan kepuasan terhadap papa. Membuat papa kecewa dan meninggalkan rumah , dan saat tidak beberapa lama ada polisi datang kerumah mereka, dan mengabarkan bahwa papa telah mengalami kecelakaan bersama perempuan segentong bir itu. Sekian .

2.      Tokohnya :
1.      Thomas pattwel : papa yang berumur 45 tahun
2.      Marie pattwell : mama yang berumur kira-kira 43 tahun.
3.      Benyy :  anak lelakinya.
4.      Magdha : anak perempuannya.
5.      Oma : nenek tetangga mereka.
6.      Polisi : yang mengabarkan berita duka.

3.      Amanat :
Suatu keluarga harus dijaga keharmonisannya, karna di dalam sebuah keluarga inilah akan tercipta keharmonisan, kasih sayang yang tidak dapat di gantikan oleh apapun.

4.      Psikologi mama dalam drama yang berjudul “Jam Dinding yang Tak berdetak”
Dalam cerita drama ini , sosok mama banyak memiliki maslah, mulai dari masalah keuangan, kesehatan , masalah hati .
Masalah keuangan , mama yang harus menjaga kedaan keuangannya karena penghasilan papa yang kecil , dan beny yang tidak bisa menghasilkan uang karena pekerjaaan melukisnya. Namun mama sebisa mungkin harus mengatur kondisi keuangan keluarga mereka.
Kemudian masalah kesehatan , mungkin mama yang tidak ingin melayani suaminya , karena mama memiliki penyakit , karena sudah berumur tua.
Kemudian mama harus rela mebiarkan papa pergi dan mencari uang dengan wanita lain, walaupun sakit tetapi mama yakin itu yang terbaik untuk mama, dan mama harus ikhlas karena keutuhan keluarga.nya harus masih terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar